Bab 1 Mengenal Internet dan Intranet

Bab 1 Mengenal Internet dan Intranet

Pada bab pertama ini, kita akan mempelajari berbagai materi mengenai internet dan intranet guys 🙂 🙂 . Makinlah rajin belajar agar nilai kalian dapat memuaskan 🙂 🙂

A. Pengertian Internet dan Intranet

  1. Internet

Internet adalah singkatan dari interconnected network, yaitu sistem jaringan kerja yang menghubungkan jutaan komputer di seluruh dunia. Secara sederhana, internet dapat didefinisikan sebagai jaringan dari jaringan (network of network). Setiap komputer yang terhubung dengan jaringan dapat berkomunikasi dalam bentuk pertukaran data dan informasi. Pada dasarnya, internet adalah kumpulan dua komputer atau lebih di seluruh dunia yang saling berhubungan membentuk jaringan komputer.

Untuk memdapatkan akses internet, sebuah komputer harus menggunakan jasa perusahaan ISP (Internet Service Provider). internet memungkinkan kita untuk berkomunikasi dengan menggunakan TCP ( Transsmission Control Procontrol) atau IP ( Internet Procontrol).

Melalui internet siapapun dapat leluasa mengakses berbagai macam informasi dari berbagai tempat, memberikan informasi karena internet menyediakan fasilitas yang memungkinkan, sebagai media komunikasi tidak langsung atau secara konferensi.

Web adalah sekumpulan komputer yang terhubung melalui kabel maupun tanpa kabel. Dengan web, seseorang dapat mendapatkan informasi mengenai pendidikan, iklan, dan sebagainya. Web tidak hanya menampilkan informasi saja namun fungsinya makin luas. Bahkan sekarang web mulai digunakan untk aplikasi yang banyak membutuhkan interaksi dari pengguna.

  1. Intranet

Intranet  adalah sebuah kumpulan jaringan komputer lokal yang menggunakan perangkat lunak Inteernet prokontrol TCP / IP atau HTTP. Jaringan intranet merupakan jaringan internet yang hanya dimiliki oleh kelompok atau perusahaan tertentu dan tidak dapat diakses leh orang lain. Tetapi tetap dapat terkoneksi dengan internet. Hal yang terpenting dalam intranet adalah keamanan jaringan (network security).intranet mulai didengung-dengungkan pada pertengahan 1995 oleh beberapa penjual produk jaringan yang mengacu pada kebutuhan informasi dalam bentuk web di dalam perusahaan. Dalam perkembangannya VPN (Virtual Private Network) diciptakan untuk membangun sebuah intranet dengan jangkauan yang luas melalui jaringan internet.

Keuntungan penggunaan intranet:

  1. Dapat meningkatkan produktivitas kerja
  2. Efisiensi waktu
  3. Komunikasi menjadi lancar
  4. Dapat meningkatkan operasional menajemen
  5. Memunculkan pemikiran perubahan budaya kerja ke yang lebih baik

B. Perbedaan dan Persamaan Internet dan Intranet

Perbedaan internet dan intranet adalah:

internet Intranet
1.       Bersifat publik

2.       Pada umumnya digunakan oleh banyak orang

3.       Dapat diakses oleh siapa saja

4.       Informasi yang tersedia melimpah dan tak terbatas

5.       Merupakan kumpulan LAN, WAN, dan MAN

1.       Bersifat pribadi

2.       Pada umumya digunakan dalam perusahaan

3.       Hanya dapat diakses oleh orang yang memiliki otoritas

4.       Informasi yang tersedia spesifik

5.       Umumnya merupakan jaringan LAN, WAN, dan MAN.

Persamaan internet dan intranet adalah:

  1. Merupakan sebuah sistem jaringan komputer yang menggunakan teknologi
  2. Sama-sama dapat digunakan berhubunbgan antar komputer
  3. Sama-sama mnggunakan perangkat lunak procontrol TCP/IP, dan HTTP, sehingga keduanya memiliki fasilitas seperti e-mail, FTP, dan sebagainya.

C. Perkembangan Internet

Munculnya internet diawali dari Uni Soviet pada tahun 1957. Mereka meluncurkan sebuah satelit berna Sputnik yang dimana peluncuran ini dirasakan sebagai ancaman bagi Amerika Serikat. Presidennya yang bernama Dwight D. Eisenhower menyatakan perlunya membangun sebuah teknologi yang membuat AS tetap menjadi negara superior. Lalu, dibentuklah badan yang disebut Advanced Research Projects Agency (ARPA) yang bernaung di bawah Departement of Defesense (DoD).

Tahun 1960 DoD memberi tugas ARPA unutuk membangun rantai komunikasi yang disebut ARPAnet yang bertujuan membuat suatu jaringan komputer yang tersebar dan menghindari pemutusan informasi di satu titik yang dipandang rawan untuk dihancurkan apabila terjadi peperangan.

Empat situs yang berhubungan dengan ARPAnet:

  1. Stanford Research Institute (SRI)
  2. University of California at Santa Barbara (UCSB)
  3. Unversity of California at LOS Angeles (UCLA)
  4. Universitty of Utah

Pada tahun 1970, sudah lebih 10 komputer yang berhasil dihubungkan sat sama lain. Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail. Pada tahun yang sama diperkenalkan juga lambang ”@”. Tahun 1973 jaringan ARPAnet muali dikembangkan di luar Amerika Serikat. Padda tanggal 26 Maret 1976, ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern.

Karena komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka dibutuhkan pengakuan resmi yang diakui oleh semua jarinngan. Pada tahun 1982 dibentuk Transmission Control Procontrol (TCP) dan Internet Procontrol (IP). Di eropa menyediakan jaringan EUNET. Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer, maka pada tahun 1984 diprkenalkan sistem domain, yang kini dikenal dengan DNS (Domain Name System).

Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finlam menemukan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Tahun 1990  Timothy Bernes Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya.program inilah yang disebut dengan www atau Worl Wide Web.

Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan di tahun yang sama muncul istilah surfing the internet. Tahun 1994 untuk pertama kalinya virtual-shopping atau retail mucul di internet. Saat itu juga Yahoo! Didirikan dan Netscape Navigator dilahirkan. Sementara Indonesia baru menggunakan jaringan internet pada tahun 1994.

D. Internet di Indonesia

Di Indonesia, jaringan internet mulai dikembangkan pada thun 1983 oleh Dr. Joseph F.P. Luhukay di Universitas Indonesia (UI). Saat itu juga Luhukay juga mulai mengembangkan University Network (Uninet) yang meliputi jangkauan Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Surabaya, Universitas Hasanudin, dan Ditjen Dikti.

Indonesia menempati peringkat ke-5 untuk kategori jumlah pengguna internet di Asia. Beberapa negara sudah membuat peraturan yang berkaitan dengan hukum internet (cyberlaw), terutama yang berkaitan dengan keamanan dan pornografi. Indonesia menerapkan peraturan yang disebut HAKI. Dengan adanya HAKI, hak cipta perorangan, sekelompok orang, atau lembaga dapat terlindungi. Secara sederhana, HAKI mencakup hak cipta, hak paten, dan hak merk agar hasil karyanya tidak dibajak pihak lain. Tanpa adanya HAKI semua orang bisa dengan mudah mendownload file atau program yang diinginkan internet, sehingga terkadang saat itu kita harus membayar saat ingin mendownload file tertentu.

E. Kegunaan Internet Dalam Kehidupan Sehari-hari

Berikut adalah kegunaan internet dalam kehidupan sehari-hari, yaitu:

  1. Sarana Mendapatkan Informasi dengan Cepat

Internet menyediakan berbagai informasi mengenai teknologi, pendidikan, militer, dan lain-lain. Selain itu, dengan internet semua informasi yang kita sebar akan cepat tersebar ke berbagai wilayah, tidak hanya Indonesi saja namun bahkan mendunia.

  1. Sarana Komunikasi dengan Biaya Murah

Selain meyediakan informasi, internet juga bisa menjadi sarana komunikasi. Dengan menggunakan IRC ( Internet Relay Chat), pengguna internet dapat berkomunikasi dan berkirim pesan menggunakan keyboard melalui aplikasi messeging seperti Yahoo Messenger, mIRC, MSN Messenger, dan lain-lain. Bahkan internet juga dapat digunakan sebagai pengganti mesin fax.

  1. Membentuk Kelompok Diskusi atau Bisnis

Para pengusaha atau pembisnis dapat menggunakan internet sebagai sarana bisnis. Misal melalui jejaring sosial seperti Facebook (www.facebook.com) dan situs forum diskusi Kaskus (www.kaskus.us). Selain itu, kita juga bisa menggunakan instagram atau yang lebih sering disebut dengan ig. karena sebagian besar anak zaman sekarang lebih suka menggunakan instagram.

  1. Sarana Promosi

Bagi para pengusaha mereka dapat menawarkan produknya melalui internet. Sehingga dengan cepat informasinya akan tersebar ke seluruh Indonesia bahkan dunia. Sehingga pengusaha itu memiliki tempat pemasaran yang luas, tidak hanya di daerah itu sendiri melainkan di daerah lain juga.

  1. Mencari Lowongan Kerja dan Beasiswa

Internet dapat dimanfaatkan oleh para pencari pekerjaan maupun perusahaan yang sedang mencari karyawan. Selain itu siswa atau pelajar yang kurang mampu, namun memiliki kemampuan yang tinggi dapat mencari beasiswa untuk meneruskan sekolahnya sehingga siswa tersebut tidak putus sekolah.

  1. Sarana Hiburan

Selain untuk media yang serius, namun ternyata internet juga banyak digunakan sebagai sarana hiburan seperti mendengarkan musik, mengobrol dengan teman, menonton video, memainkan game online, dan masih banyak lagi kegitan yang bisa dilakukan dengan internet.

  1. Media Pertukaran Data

Dengan menggunakn e-mail, newsgroup, FTP, dan WWW (Worl Wide Web), para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.

Di atas adalah berbagai manfaat yang dapat kita ambil dari adanya internet.

F. Dampak Negatif Teknologi Internet

Segala sesuatu pasti memiliki sisi positif dan negatif. Termasuk internet, ternyata selain memiliki dampak posistif internet juga memiliki dampak negatif yang tidak sedikit juga. Berikut adalah beberapa dampak negatif dari internet:

  1. Ancaman Virus, Trojan, dan Sejenisnya

Virus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain. Virus ini dapat merusak data dan mengganggu kinerja komputer kita. Jika virusnya memperbanyak diri maka disebut dengan worm.

Saran penyebarannya dapat melalui situs-situs web, e-mail, jaringan komputer, disket, ataupun flash disk. Selain virus ada juga spyware dan trojan horse, yaitu program komputer yang dapat melakukan perusakan, mencuri data, dan memata-matai segala aktivitas di komputer yang terinfeksi. Spyware dan trojan bisa masuk tanpa sengaja karena ketidaktelitian pengguna komputer saat menjelajah internet. Jadi, sudah sepatutnya kita harus berhati-hati dalam menggunakan internet.

  1. Ancaman Pencurian Data dan Informasi

Data digital yang ada di internet rawan terhadap pencurian oleh peratas (hacker dan cracker) yang dapat digunakan untuk berbuat kejahatan. Adapun mereka yang sering melakukan aksi perusakan di internet yang disebut dengan cracker (pembobol). Boleh dibilang kalau cracker ini sebenarnya adalah hacker yang memanfaatkan kemampuannya untuk hal-hal negatif.

  1. Memasuki, Memodifikasi, atau Merusak Situs Web

Ini adalah bentuk lain dari tindakan peretas (hacker dan cracker). Mereka menyusup dan memasuki situs web dengan tujuan mendapat uang untuk kepentingan pribadinya ataupun kepentingan kelompok. Tanpa memikirkan orang yang telah mereka rugikan.

  1. Menyebarnya Budaya Negatif Secara Luas

Dampak lain dari berkembangnya internet adalah meluasnya budaya negatif seperti, perjudian, penipuan, pornografi, seks bebas, tayangan amoral, tayangan kekerasan, dan masih banyak lagi yang dapat diakses dengan mudah oleh para pengguna internet yang kurang selektif. Jadi, ada baiknya jika anak-anak yang belum cukup umur untuk tidak menggunakan internet. Sebaiknya, apabila anak-anak menggunakan internet harus diawasi oleh orang tua.

  1. Pemborosan

Inilah yang langsung terasa ketika kita menggunakan internet, yaitu pemborosan uang. Kualitas jaringan telepon dan biaya langganan ke penyedia jasa sambungan internet memengaruhi biaya pemakaian internet. Bila mengakses internet lewat jaringan telepon rumah (koneksi dial up), maka kenaikan tarif pulsa telepon akan meningkat. Sedangkan bila menggunkan telepon genggam, kita bisa membayangkan sendiri berapa pulya yang kita habiskan untuk tersambung ke internet? pasti tidak sedikit uang yang kalian butuhkan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa internet itu menyebabkan pemborosan uang. Jadi, kesimpulannya adalah dalam menggunakan internet kita harus berhemat. Karena kita juga masih memiliki kebutuhan yang lainnya selain untuk membeli kuota agar kita bisa internetan.

Sekian materi pada bab pertama yang saya berikan. Semoga menjadi bermanfaat bagi kita semua.

Thanks For Watching Guys 🙂 🙂

 

Advertisements

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: