Bab 3 Mengenal Kecepatan Akses Internet

BAB 3 Mengnal Akses Akses Internet

  1. Akses

Akses internet memiliki berbagai jenis perangkat (komputer, modem, server, router, dan sebagainya) dari berbagai jaringan ISP (Internet Service Provider) yang berbeda.

Terkait dengan kecepatan transfer data, ada beberapa komponen yang menentukan hal terssebut, yaitu:

  1. Bandwidth

Bandwidth adalah data saluran yang dilewati secara bersamaan-sama saat mentransfer data. Semakin besar bandwidth maka semakin besar juga kecepatannya.

  1. Backbone

Backbone adalah jaringan koneksi internet dengan internet. Semakin banyak ISP yang menggunakan suatu backbone, maka semakin lambat pula akses internet.

  1. Data Keamanan

Perlu melengkapi pengamanan data. Kita perlu mengetahui apakah sebuah ISP menggunakan firewall ntuk keamanan data atau tidak. Karena hal ini sangat bias terhadap kecepatan akses data pada saat kita melakukan upload atau download.

  1. Layanan yang diberikan

Kita harus tahu apakah ISP tersebut memberikan akun e-mail, berapa besar kapasitas akun e-mail yang disediakan, apakah juga dilengkapi dengan filter spam, dan berbagai layanan lainnya. Hal ini berfungsi untuk mempercepat akses internet dalam penggunaan e-mail yang cepat dan besar kapasitas akun e-mail yang digunakan.

  1. Teknologi yang digunakan

Teknologi yang dimiliki ISPnya variatif dan tergantung pada ISP nya. Namun, ISP yang kita inginkan selalu siap up date terhadap perubahan teknologi.

A. ISP (Penyedia Layanan Internet)

  1. Pengertian ISP

ISP (Internet Service Provider) adalah perusahaan penyedia jasa internet. Ada dua cara untuk mendaftar ke ISP, yaitu dengan cara berlangganan dan tanpa berlangganan. Untuk berlangganan ke ISP tertentu, kita bisa datang langsung ke perusahaan penyedia jasa internet. Setelah mengsis fomulir registrasi, kita akan mendapat username dan password yang digunakan untuk koneksi ke internet.

  1. Kriteria Memilih ISP

Dalam memilih ISP perhatikan kriteria berikut ini:

  1. Kecepatan transfer data
  2. Biaya akses
  3. Teknologi yang digunakan
  4. Fitur dan layanan
  5. Kepuasan pelanggan.
  6. Akses Akses Internet
  7. Akses Akses Internet-Dial Up melalui Jaringan PSTN (Jaringan Telepon Beralih Publik)

Dial-up melalui jalur PSTN adalah cara kalian terhubung ke ISP melalui jaringan telepon reguler. Contoh: “Telkomnet Instan”

  1. Akses Akses Internet melalui ADSL (Asymetric Digital Subcriber Line)

ADSL adalah suatu teknologi modem yang bekerja pada frekuensi antara 34kHz sampai 1.104kHz. keuntungannya dalah memberikan kemampuan akses internet berkecepatan tinggi dan suara / fax secara simultan (di sisi pelanggan dengan menggunakan spilitter untuk saluran saluran dan modem modem).

Bandwidth maksimal yang didapat akses kita menggunakan akses inetnetmenggunakan ADSL:

  1. Untuk line rate 384kbps, bandwidth maksimum yang menghasilkan kecepatan 337kbps.
  2. Untuk line rate 384kbps, bandwidth maksimal yang ada sekitar 40 Kb / s.
  3. Untuk line rate 512kbps, bandwidth maksimal yang menghasilkan 450kbps.
  4. Untuk line rate 384kbps, bandwidth maksimum yang ada sekitar 52 Kb / s.
  5. Akses Akses Internet melalui GPRS

GPRS (General Packet radio Service), yaitu data komunikasi dan suara yang dilakukan dengan menggunakan radio gelombang. Sistem GPRS dapat digunakan untuk mentransfer data, data gambar, dan penelusuran internet ..

Dalam implementasinya kecepatannya sangat tergantung pada faktor berikut:

  1. Konfigurasi dan alokasi slot waktu pada level BTS (Base Transceiver Station).
  2. Softwewre yang digunakan
  3. Dukungan fitur dan aplikasi ponsel yang digunakan.
  4. Akses Akses Internet melalui 3G

3G (Teknologi Generasi Ketiga), digunakan kembali pada perkembangan teknologi telepon nirkabel (wireless) .3G sebagai sebuah kabel yang memberikan kecepatan akses:

  1. Sebesar 144 Kbps untuk kondisi bergerak cepat (mobile)
  2. Sebesar 384 Kbps untuk kondisi berjalan (pejalan kaki)
  3. Sebesar 2 Mbps untyk kondisi statik di tempat.
  4. Akses Akses Internet melalui WIFI

WiFi (Wirelless Fidelity), yaitu teknologi jaringan tanpa kebel menggunakan frekuensi tinggi berada pada spektrum 2,4 GHz. Selain itu WiFi adalah sekumpulan standar yang digunakan untuk jaringan lokal wireless. Bisanya WiFi sering dipasang di sekolahan, Cafe, dan tempat umum lainnya.

  1. Akses Akses Internet melalui Wibro (Broadband Nirkabel)

Wirelles Broadband memugkinkan akses internet broadband ke berbagai perangkat, termasuk ponsel, notebook komputer, dan PDA. Wibro dikembangkan oleh Samsung bersama dengan Electronic and Technology Research Institute (ETRI) dan telah mendapat sertifikat dari Wimax Forum.

  1. Akses Akses Internet Melalui LAN

Untuk menghubungkan komputer ke komputer server dengan menggunakan kartu LAN dan kabel koaksial (UTP). LAN (Local Area Network) adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil.

  1. Akses Akses Internet melalui TV Kabel

Kelebihan akses internet dengan menggunakan jaringan TV kabel dapat mengakses internet setiap saat dan bebas dari gangguan telepon sibuk.

Jaringan TV kabel ini dapat digunakan untuk koneksi ke internet dengan kecepatan maksimum 27 Mbps downstream dan 2,5 Mbps Upstream. Agar bisa menggunakan modem kabel, komputer harus dilengkapi dengan kartu ethernet.

 

  1. Menghitung Akses Akses Internet

Dalam menghitung kecepatan akses internet kita bisa memanfaatkan jasa-jasa situs berikut:

  1. Speedtest.net

cara menggunakan aplikasi ini:

  1. Kunjungi situs web http: //speedtest.nwt/ . Msuk ke websitenya maka akan loading dan berjalan. Tunggu beberapa saat sampai loading selesai, selanjutnya Speedtest.net akan langsung letaknya.
  2. Pada tampilan di awal website ini akan terlihat peta Indonesia dan terdapat bintang kuning yang menandakan lokasi kita sedangkan bintang yang hijau menandakan letak server yang bisa kita pilih untuk mengukur kecepatan koneksi kita terhadap server tersebut. Pada bagian atas tampilan tersebut terdapat tombol deengan kalimat “Begin Test”, tombol inilah yang harus kita tekan saat ingin mengetes koneksi internet kita.
  3. Setelah kalian klik salah satu piramida, maka SpeedTest.net akan mulai meakukan pengetesan dengan melakukan komunikasi antara komputer di kota tempat kalian dengan server yang kalian pilih tadi. Jika prosesnya sudah selesai, maka hasil yang ditampilkan antara lain nilai kecepatan upload dan download, jarak kedua kota, tanggal tes, nama ISP kalian, nilai ping, dan sebagainya.

Pada halaman result, kita dapat melihat ada tombol “See Stars for the entire world”. Dengan fasilitas tersebut, kalian dapat melihat statistik perbandingan kecepatan koneksi suatu negara/wilayah/kota. Kalian akan dipetlihatkan statistik penyedia layanan internet yang paling cepat, kota yang memiliki koneksi tercepat, atau wilayah yang paling bagus koneksinya. Semua disajikan dengan singkat, padat, jelas, dan mudah dimengerti.

  1. JD Auto Speed Tester

Aplikasi ini berfungsi untuk mengetahui kecepatan koneksi internet (download dan upload) secara berkala, karena kecepatan koneksi internet itu sendiri tidak selalu stabil pada kecepatan tertentu.

Untuk bisa menggunakan JD’s Auto Speed ​​Tester ini kita harus melakukan instalasi awal melalui menu Config’s. Pada bagian konfigurasi ini kita masuk ke menu tab Download. Di sini kita menentukan dasar perhitungan kecepatan, apakah menggunakan Ukur Waktu atau Ukur Kuantitas.

  1. AuditmyPC.com

layanan ini bisa kecepatan download dan upload dari satu koneksi nternet. Selain itu, AuditmyPC juga menyediakan layanan untuk. Untuk mempercepat kecepatan internet speed test à lah muncul tapilan untuk mengetes kecepatan download dan upload.

Advertisements

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: