Bab 4 Perangkat Internet dan Cara Koneksi ke Internet dan Intranet

Bab 4. PERANGKAT INTERNET DAN CARA KONEKSI KE INTERNET/INTRANET

 

  1. Perangkat Keras untuk Mengakses Internet
  2. Akses Internet Melalui Dial-up

Dibutuhkan beberapa perangkat keras untuk melakukan dial-up connection:

  1. Komputer
  2. Modem

Modem (Modulator Demodulator) berfungsi mengubah gelombang analog menjadi sinyal digital dan sebaliknya mengubah sinyal digital menjadi gelombang analog dari kabel telepon sehingga komputer dapat terkoneksi ke internet.

Secara umum, modem dial-up dibedakan menjadi dua, yaitu modem internal yang dipasang dalam komputer pada slot ekspansi yang tersedia dan modem eksternal  dipasang dengan menggunakan kabel communication atau serial.

Selain modem dial-up ada juga modem ADSL (Asymetric Digital Subcriber Line) yang memiliki kecepatan tinggi, dikembangkan dengan teknologi Discrete Multi Tone (DMT).

  1. Saluran telepon.

 

  1. Akses Internet Melalui Jaringan WIFI

Wifi adalah jaringan tanpa kabel yang menggunakan gelombang elektromagnetik frekuensi tinggi untuk mengirimkan data. Kelemahan akses internet melalui Wifi adalah tidak stabil karena media yang digunakan adalah gelombang elektromagnetik yang rentan terhadap cuaca.

  1. Akses Internet Melalui Jaringan LAN

Akses internet menggunakan jaringan LAN biasanya digunakan untuk melayani pemakaian dengan jumlah banyak, contohnya warnet, kampus, sekolah, perusahaan, dan lain-lain. Agar dapat terhubung dengan komputer server di LAN, maka komputer kalian harus dilengkapi dengan kartu jaringan (LAN card).

  1. Akses Internet Melalui GPRS

GPRS adalah singkatan dari General Pocket Ra-dio Service. Akses internet ini menggunakan gelombang radio sebagai penghubung komputer dengan jaringan internet. Selain itu, kalian juga harus menyediakan kabel data, sinar infrared, atau bluetooth untuk menghubungkan handphone dengan komputer.

  1. Akses Internet Melalui TV Kabel

Selain line telepon, untuk akses internet dapat pula melalui TV kabel, modem yang digunakan adalah cable modem. Pengguna diharuskan melakukan pendaftaran terlebih dahulu kepada penyedia jasa TV Kabel dan ISP.

Pendaftaran untuk akses internet dengan modem cable menggunakan MAC Address. Ketika cable modem rusak, maka kalian harus mendaftaran kembali MAC Address baru untuk cable modem baru. Berikut adalah syarat yang harus dipenuhi dalam mengakses internet menggunakan TV Kabel:

 

  1. Berlangganan denagn penyedia layanan TV kabel yang memiliki layanan internet.
  2. Perangkat komputer standar yang dilengkapi dengan sistem operasi dan perangkat lunak lainnya yang mendukung akses internet.
  3. Menggunakan modem khusus yang dirancang untuk TV Kabel, seperti kabel modem dengan Docsis System
  4. Ether Card.

 

  1. Perangkat Keras Jarinngan Intranet
  2. Kabel

Ada tiga jenis kabel:

  1. Co-axial

Kabel co-axial adalah kabel yang digunakan di jaringan lokal.

  1. UTP (Unshielded Twisted Pair)

UTP yaitu kabel jaringan yang saat ini paling bayak digunakan. Dengan kabel ini, pengembangan jumlah klien dapat dilakukan dengan mudah.

  1. FDDI (Fiber Data Disstributed Interface)

FDDI atau sering disebut dengan kabel fiber optic, menggunakan dua buah ring. Pertama adalah primary ring yang digunakan untuk komunikasi data. Yang kedua adalah secondary ring yang digunakan sebagai media komunikasi cadangan.

  1. Kartu Jaringan

Kartu jaringan merupakan salah satu interface yang memiliki peranan besar dalam sistem jaringan. Kartu jaringan inilah yang menentukan kecepatan maksimum transmisi data.

  1. Hub

Hub atau lebih dikenal dengan konsentrator berguna sebagai media antarkoneksi yang jauh, yaitu alat pengumpul semua koneksi antarkomputer untuk kemudian disambungkan satu sama lain.

Jenis-jenis hub:

  1. Hub Standar 10 mbps.

Hub ini memiliki tipe kecepatan maksimum 10 mbps, namun kecepatan transmisi untuk tiap user yang terhubung tidak dapar diatur. Selain itu, tiap klien mempunyai kecepatan maksismum koneksi dan sangat mudah dalam hal instalasi.

  1. Hub Switch Unmanage 10/100 mbps.

Tipe hub ini tidak bisa mengatur kecepatan transmisi untuk tiap user atau mesin yang terhubung dan tiap klien mempunyai kecepatan maksimum koneksi.

  1. Hub Switch Manage 100 mbps.

Hub ini memiliki kecepatan tiap port koneksi yang bisa diatur. Kecepatan transmisi untuk setiap user atau mesin yang terhubung dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Kebutuhan server dapat berbeda dengan yang lainnya, tergantung fungsi server dalam sistem operasi yang terpasang.

 

  1. Perangkat Lunak untuk Mengakses Internet.

Berikut beberapa aplikasi yang mendukung jaringan yang digunakan untuk internet:

  1. Sistem Operasi

Sistem operasi adalah perangkat lunak yang berfungsi sebagai jembatan antara aplikasi dan perangkat keras agar dapat dijalankan.

Sistem operasi yang banyak digunakan adalah Windows, Linux untuk PC berbasis intel, dan MacOs untuk sistem operasi berbasis Machinthos.

  1. Aplikasi Browser

Aplikasi ini berfungsi menampilkan informasii yang diperoleh dari internet. Misalnya, Internet Explorer dan Mozilla Firefox yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet.

Internet Explorer memberikan kemudahan dalam pengstalan browser. Dengan menginstal sistem windows, Internet Explorer secara otomatis telah terinstal. Sementara Mozilla Firfox merupakan brownser favorit setelah Internet Explorer karena memiliki fitur yang memberikan beberapa keuntungan bagi penggunanya, yaitu pengguna tidak perlu membuka satu jendela browser hanya membuka satu URL. URL adalah singkatan dari Uniform Resource Locators yang berarti suatu “pathname” untuk mengidentifikasi sebuah dokumen di web. Di dalam URL terdapat informasi nama mesin/host yang akan diakses, nama dokumen beserta logical pathnamenya serta jenis protokol yang akan digunakan untuk melakukan akses web. Berikut adalah beberapa contoh aplikasi browser dan alamat websitenya:

 

  1. Aplikasi Opsional

Aplikasi opsional:

  1. Aplikais e-mail, seperti Microsoft Outlook, Outlook Express, dan Mozilla Thunderbird.
  2. Aplikasi chatting, seperti mIRC, ICQ, dan Yahoo Messenger.
  3. Aplikais pengelola download seperti Flashget dan Internet Downloada Manager.
  4. Melakukan koneksi ke internet.
  5. Setting jaringan layanan telkomnet@instan

Langkah-langkah yang harus dilakukan:

  1. Sebelumnya line telepon yang ada di telepon dilepas. Kemudian tancapkan pada LAN yang ada di komputer.
  2. Klik Start, pilih Control Panel.
  3. Carilah Network Connections, kemudian double klik. Muncul kotak dialog.
  4. Klik Create a New Conntection.
  5. Muncul kotak dialog New Connection Wizard, klik next.
  6. Kotak dialog New Connection Wizard, pilih Connect to the Internet, kemudian klik Next.
  7. Pada Wizard berikutnya pilih set up my connection manually, kemudian klik Next.
  8. Kemudian pilih Connect using a dial-up modem, klik Next.
  9. Pada jendela wizard berikutnya isi ISP nam, misalnya telkom. Kemudian klik next.
  10. Isikan nomor telkomnet@instan, yaitu 080989999, lalu Next.
  11. Isikan Username dengan telokmnet@instant passwordnya telkom, confirm password telkom, lalu Next.
  12. Pada jendela berikutnya, tandai add a shortcut to this connection to my dekstop, lalu klik Finish. Shortcut untuk koneksi ke telkomnet@instant sudah berhasil dibuat dan akan ditampilkan pada dekstop komputer.
  13. Memulai dan Memutus Koneksi ke Internet

Langkah-langkah yang harus diikuti dalah:

  1. Pastikan modem sudah terhubung dengan benar.
  2. Klik ganda shortcut Telkomnet yang ada di dekstop komputer.
  3. Setelah muncul kotak dialog Connect Telkomnet, klik Dial.
  4. Selanjutnya kotak dialog Connecting Telkomnet akan ditampilkan, tunggulah beberapa saat sampai proses ini berhasil.
  5. Untuk mengetahui komputer kalian sudah terhubung atau belum ke internet, lihat sudut di bawah kanan komputer terdapat simbol dua komputer. Bila simbol tersebut kedip-kedip dan tidak ada tanda silang berarti komputer sudah terhubung dengan provider.
Advertisements

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: