Bab 6 Layanan di Internet

Bab 6 — Layanan di Internet

Setelah kita mempeajari Bab 5, sekarang, saatnya kita mempelajari Bab 6. Semoga kalian merasa nyaman dengan belajar di blog saya. Terimakasih 🙂 GOOD LUCK !!!!!

A. Fasilitas-Fasilitas Layanan Informasi di Internet

1. World Wide Web (www)

Layanan World Wide Web (www) adalah layanan yang palig populer saat ini. Untuk dapat mengaksesnya diperlukan browser seperti Internet Explorer, Netscape, Mozilla, Opera, dll. Protokol yang digunakan adalah HTTP (Hypertext Transfer Protocl).Ada web browser yang menggunakan alamat sebuah alamat internet dengan format sebagai berikut:

<protokol>:<nama/alamat host>/<direktori pada host>

Contohnya: http://www.yahoo.com/test

Ini berarti, HTTP sebagai protokolinternet yang dipakai, nama host yang dituju adalah http://www.yahoo.com, dan direktori yang dituju adalah direktori test.

prinsip-kerja-web-browser.jpg

File yang dikirim dalam bentuk layanan web browser berekstensi *.htm atau *.html. HTML adala bahasa yang digunakan untuk mendefinisikan susunan informasi dalam hypertext.

Berikut adalah sistim kerja dari akses www:

a) Browser pada mesin client mengambil URL yang diminta pengguna.

b) Browser menanyakan nomor IP (Internet Protocol) mesin http://www.yahoo.com pada DNS (Domain Name Service).

c) DNS server menjawab misalnya 192. 168. 0. 1

d) Browser melakukan koneksi TCP pada port 80 mesin 192.168. 0. 1

e) Browser kemudian mengirimkan perintah GET/ypertext/WWW/index.html

f) Srer http://www.yahoo.com mengirimkan file index.html

g) Browser menampilkan semua teks dan image yang ada pada halaman index.html

2. Browsing/Surfing

tiweb

Browsing adalah layanan di internet yang berfungsi untuk menampilkan suatu situs atau website guna mencari suatu informasi. Beberapa perangkat yang digunakan adalah browser. Macam-macamnya adalah Internet Explorer, Mozilla Firefox, dan Netscape Navigator. Untuk melakukan browsing harus mengetik misalnya, http://www.detik.com.

3. Electronic Mail (E-Mail)

E-mail atau surat elektronik adalah aplikasi yang memungkinkan para pengguna internet untuk saling berkirim pesan melalui alamat elektronik di internet. Protokol yang dipakai dalam email adalah SMTP (Simple Mail Transfer Protocol), sedangkan untuk mendownload e-mail digunakan protokol POP (Post Office Protocol) atau IMAP (Internet Messege Access Protocol). Contoh penyedia layanan  Web Base Email adalah Yahoo, Plasa, Gmail, dan lain-lain.

Para pengguna e-mail memiliki sebuah mailbox (kotak surat)  elektronik yang tersimpan dalam suatu mail server. Pesan yang telah diterima akan ditampung di mailbox, selanjutnya pemilik mailbox sewaktu-waktu dapat mengecek isinya, menjawab pesan, menghapus, atau menyunting dan mengirimkan pesan email.Layanan e-mail biasanya dikelompokkan dalaam dua basis, yaitu e-mail berbasis client dan email berbasis web. Bagi pengguna e-mail berbasis client, aktivitas e-mailnya dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak email client, misalnya Eudora, Outlook Express, dan Microsoft Office Outlook.

Perangkat lunak ini menyediakan fungsi-fungsi penyuntingan dan pembacaan e-mail secara offline, dengan demikian biaya koneksi ke internet dapat dihemat.

Sebaliknya bagi pengguna e-mail berbasis web, seluruh kegiatan e-mail harus dilakukan melalui suatu situs web. Dengan demikian, untuk menggunakan haruslah dalam keadaan online.

4. Mailing List

Mailing list atau lebih dikenal dengan milis adalah layanan internet sebagai pengembangan dari e-mail yang difungsikan untuk berdiskusi. Orang-orang yang mempunyai e-mail membentuk kelompok. Dari kelompok itulah mereka bisa berkomunikasi. Untuk mendapatkan layanan milis kita dapat memanfaatkan fasilitas yang disediakan http://www.yahoogroups.com.

5. Newsgroup

Newsgroup adalah fasilitas di internet yang merupakan pengembangan dari e-mail. Yang membedakan antara newsgproup dan e-mail antara lain pesan atau artikel di e-mail merupakan komunikasi pribadi dimana kita menentukan siapa yang menerima pesan kita. Pesan yang kita kirim akan masuk ke mailbox. Begitu juga ptotokol yang digunakan dalam e-mail adalah SMTP. Sedangkan newsgroup disediakan untuk umum. Protokol yang digunakan adalah NNTP (News to News Transfer Protocol).

6. File Transfer Protocol

File Transfer Protocol adalah salah satu fasilitas yang dikembangkan pada awal perkembangan internet. FTP memungkinkan untuk menghubungkan ke suatu kompuer di internet kemudian mengakses isi direktori yang ada di dalamnya. FTP merupakan layanan di internet untuk melakukan transfer data atau ke suatu komputer atau server yang terletak di internet.

7. Internet Relay Chat (Chatting)

IRC (Internet Relay Chatting) adalah fasilitas yang ada di internet yang dikembangkan sekitar taun 1980-an dikenal juga dengan sebutan chat saja, yang sebenarnya merupakan pengembangan dari utility talk di sistim UNIX. IRC juga merupakan fasilitas yang berjalan secara client-server , jadi pemakai yang ingin memanfaatkan fasilitas IRC harus menjalankan program client IRC dan menghubungkan ke suatu server IRC, diantaranya adalah software mIRC, ICQ, Yahoo! Messenger, MSN Meseenger dan sebangainya.

8. Teleconference

Teleconference merupakan fasilitas layanan internet yang dapat digunakan untuk berbincang-bincang dengan cara kompleks, yaitu mulai dari suara hingga gambar, sehingga seolah-olah kita dapat langsung berhadapan dengan lawan bicara. Adapun komputer yang digunakan untuk teleconference harus dilengkapi dengan webcam, tv tunner, dan VoIP.

9. Internet Telephony

Fasilitas ini memungkinkan para pengguna untuk berbicara melalui internet seperti selayaknya menggunakan pesawat telepo.  Namun, terminal yang digunakan berupa komputer yang dilengkapi alat penerima dan mikrofon. Alamat situs yang menyediakan informasi lebih lanjut tentang Internet Telephony adalah http:/www.net2phone.com atau http://www.buddytalk.com.

10. Internet Fax

Layanan ini dapat digunakan untuk mengirimkann faks yang biasa dilakukan melalui mesin faksimili. Aplikasi ini mudah dgunakan dan biaya pengiriman faks dihitungg sebagai biaya lokal. Layanan internet fax memberikan kemudahan bagi para sekretaris untuk mengirimkan pesan faksimili dalam jumlah yang sangat banyak.
B. Fasilitas E-mail sebagai Sarana Komunikasi
1. Membuat Alamat E-mail (E-mail Account)

Langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuat e-mail account gratis:

a. Akseslah melalui web browser situs http://www.yahoo.com dan klik ikon “Mail” seperti yang diligkari pada gambar berikut.

yahoo1.jpg

b. Pada halaman yahoo, kliklah “Buat Account Baru”.

yahoo2

c. Isilah formulir pendaftaran. Pengguna dapat mengisinya dengan data-data palsu untuk privasi, bila email akan digunakan untuk kepentingan bisnis atau formal, sebaiknya diisi data-data aslii agar piak lain dapat melihat data-data tertentu darii profil pengguna.

d. Perhatikan contoh formulir yang telah diisi.

yahoo3.jpg

e. Setelah mengisi formulir dengan benar, kliklah “Buat Account Saya” di bagian paling bawah formulir. Beberapa saat kemudian akan tampil konfirmasi data yang telah kalian masukkan.

yahoo4.jpg

f. Klik “Lanjutkan” maka akan tampil halaman e-mail kalian.

yahoo5

2. Menulis E-mail

Langkah-langkah menulis e-mail:

a. Klik “Tulis Pesan”, maka akan muncul kotak dialog. Isilah kolom-kolom yang tersedia.

a) To – untuk alamat tujuan.

b) Subject – topik atau judul dari e-mail.

c) Kolom putih besar – isi e-mail.

d) Setelah itu, kliklah tombol “Kirim”.

email1.jpg

b. Halaman konfirmasi yang mengatakan bahwa e-mail telah terkirim ke tujuan.

3. Mengirim E-mail dengan Attachment

a. Pengguna dapat mengirimkan berkas dalam bentuk apapun, baik dokumen, gambar, audio, maupun video, sejauh besar berkas tidak melebihi kapasitas penyedia layanan e-mail. Pada halaman penulisan e-mail, kliklah tombol “Lampirkan File”.

Tulis pesan-kirim email yahoo

b. Kotak dialog File Upload dimana tempat file atau gambar yang dilampirkan.

tulis email.jpg

c. Setelah selesai memasukkan lokasi berkas-berkas yang akan dikirimkan, kliklah tombol “Open”. Lama tunggu umumnya tergantung pada kecepatan koneksi internet dan besar berkas yang dilampirkan. Makin lambat koneksi internet atau makin besar berkas yang dilampirkan, makin lama waktu tunggunya.

Tulis lampiran file

d. Bila telah selesai proses melampirkan file atau gambar, kliklah tombol “Kirim” berkas akan dikirim seperti kalian mengirim e-mail tana lampiran.

email terkirim.jpg

e. Jika selesai dan ingin menutup atau keluar, klik Sign out.

4. Membuka E-mail

Di kotak surat, e-mail yang sudah dibaca (masuk) atau belum akan diberi tanda.

login-masuk di email yahoo

Langkah-langkah untuk membuka e-mail adalah:

a. Sebelum membaca e-mail, pengguna harus terlbih daulu melakukan login. Isilah kolom “Sign to Yahoo”.

1) Yahoo! – nama e-mail yang kalian buat.

2) Password – kata kunci untuk memverifikasi identitas pengguna. Setelah itu, kliklah tombol “Sing In”.

b. Tampilan akan muncu dengan pemberitahuan jumlah email barus yang diterima pengguna. Kiklah “E-mail Masuk” untuk membuka kotak pos.

c. Kemusian, akan tampil daftar e-mail baru yang diterima pengguna.

d. Mudah bukan? Selamat mencoba.

Advertisements

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: